Pasar Buah Ludes Terbakar, Walikota, Kapolres dan Dandim 0320/Dumai Turun ke Lokasi

oleh
oleh
Share artikel ini

Pasar Buah Ludes Terbakar, Walikota, Kapolres dan Dandim 0320/Dumai Turun ke Lokasi

Dumai detiknews86 com.

Walikota, H Paisal, Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton dan Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Antony Tri Wibowo meninjau lokasi kebakaran. Pasar pulau Payung, Jalan Pangeran Diponegoro, Senin (17/06/2024) malam sekitar pukul 21:45 wib ludes terbakar. Amukan si jago merah meluluh lantahkan belasan kios pasar buah yang berjejer di tepi jalan protokol.

Peristiwa tersebut menyita perhatian ribuan warga Dumai yang berbondong-bondong memenuhi lokasi kebakaran. Tidak luput, pimpinan Forkopimda dan Walikota turut meninjau peristiwa naas tersebut.

Disela peninjauan, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton kepada media menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan penyelidikan guna memastikan pemicu kebakaran.

“Kita minta warga jangan mendekati lokasi terlebih dahulu karena masih berbahaya, setelah ini kita akan segera lakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kejadian,” ungkapnya.

Kesempatan yang sama Walikota Dumai H Paisal memastikan bahwa penanganan untuk korban kebakaran sudah diserahkan kepada dinas terkait. Dalam waktu dekat akan dilakukan pendataan serta penyaluran bantuan.

Terkait pemulihan kios yang terbakar Walikota mengungkapkan bahwa status lapak pasar buh tersebut berstatus quo. Namun pihaknya akan mendudukan dengan pihak perusahaan selalu pengelola.

“Kita akan duduk dengan pihak pengelola, jika mereka tidak bersedia untuk pemilihan kita dari pemerintah bersedia mengambil alih agar para pedagang kembali bisa berjualan,” jelas Wako.

Kedatangan Walikota, Kapolres dan Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Antony Tri Wibowo menjadi perhatian tersendiri, selain memlnghibur dan berkomunikasi dengan para korban. Warga yang melihat kejadian juga berkesempatan bersalaman dan berfoto dengan tiga pimpinan instansi tersebut.

Kebakaran ini melahap belasan kios pasar buah, api baru bisa dipadamkan setelah satu jam.

Pemerintah Dumai mengerahkan 7 mobil pemadam ditambah satu unit damkar dari PT Pertamina.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran kali ini, namun akibat peristiwa tersebut ditaksir puluhan pedagang mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Selama proses pendinginan, petugas pemadam dibantu TNI dan Polri berjibaku mentralisir lokasi serta memastikan seluruh api padam. **(Rls/AHS)