Pelatihan Junior Office Operator Resmi Dibuka Oleh Wabup PYR

Pelatihan Junior Office Operator Resmi Dibuka Oleh Wabup PYR

Share artikel ini

detikNews86.com, Minahasa Selatan- Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang MTH , membuka secara resmi kegiatan Government transformation acedemy (GTA) Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Manado bersama Dinas Kominfo Minahasa Selatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai IV Kantor Bupati Minahasa Selatan, Selasa 09 Mei 2023

Pelaksanaan government transformation acedemy (GTA) tahun 2023 menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dalam mendukung akselerasi transformasi digital di era industri 4.0 melalui keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme di tingkat pemerintah pusat bahkan daerah.

“Junior office operator” menjadi tema dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan saat ini, dimana secara garis besar untuk mempelajari dasar-dasar pengoperasian komputer dan pemanfaatan internet. Target pelatihan saat ini adalah memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengoperasikan komputer dan internet untuk menunjang pekerjaan administrasi perkantoran umum.

Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang MTH, dalam sambutannnya menyampaikan bahwa Secara umum pemerintah kabupaten minahasa selatan memiliki 3.413 pegawai negri sipil (berdasarkan data sapk BKPSDM kabupaten minahasa selatan tahun 2023). Seluruh pegawai negeri sipil tersebut menjadi garda terdepan dalam menjalankan roda pemerintahan di berbagai sektor, sehingga kualitas sumber daya manusianya dituntut untuk menjadi lebih baik lagi. peningkatan kompetensi dan kualitas sdm pegawai negeri sipil menjadi fokus pemerintah daerah, dimana tertuang dalam salah satu misi pemerintah kabupaten minahasa selatan, yaitu : Meningkatkan sumber daya manusia yang sehat dan berdaya saing.

Selanjutnya Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang menambahkan harapan kepada para ASN dapat mengikutinya dengan baik sehingga berbagai ilmu dan materi yang diberikan dapat diimplementasikan dalam pekerjaan, tugas pokok kita sehari-hari dan menjadi momentum dalam berinovasi dan menciptakan terobosan baru agar dapat meningkatkan kinerja pemerintah kabupaten minahasa selatan kedepan.

Sementara itu, Asriani Purnama ST mewakili Pimpinan BPSDMP Kominfo Perwakian Sulut-Manado didampingi Plt Kadis Kominfo Minsel Tusrianto Rumengan, SSTP,MSi mengatakan bahwa pelatihan Junior Office Operator ini pelaksanaannya dipusatkan di SMP Negeri 2 Amurang selama 5 (lima) hari kedepan terhitung mulai Selasa-Sabtu (09 s/d 13 Mei 2023).

Inti dari kegiatan ini lanjut Asriani dan Anto, akan membekali peserta dengan pengetahuan dan teknik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi perkantoran (office) tingkat dasar, mengoperasikan aplikasi Internet dan media sosial, serta memastikan keamanan informasi pengguna.

Pelatihan ini mencakup 30% pengetahuan atau wawasan dan 70% praktek yang bertujuan untuk membentuk keterampilan penggunaan aplikasi perkantoran tingkat dasar bagi peserta berjumlah 50-an ASN ini, ungkap keduanya didampingi oleh Sekdis Kominfo Xaverius Tumbuan, SH, Kabid IKP Alvi Ulaan, ST, Kabid E-Gov dan SPBE Andrey Mailangkay, SKom, Kabid Aplikasi Frans Keumebun, STP,MSi, Kabid Persandian Sonny Poli, SE. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakab Minsel Glady N. Kawatu, SH,MSi, Para Asisten yang ada di Setdakab Minsel, Kepala Dinas dan Badan serta para staf BPSDMP Kominfo Perwakian Sulut-Manado dan para peserta kegiatan GTA.
(BERNY)