Pemadam Kebakaran Mensimulasikan Cara Mengatasi Kebakaran Dengan Cepat Di Halaman Kantor BAPEDA Banyuwangi

oleh
oleh
Share artikel ini


Banyuwangi – detiknews86.com
—————-
Kantor Pemkab. (Pemerintah Kabupaten) dan BAPPEDA adakan Simulasi DAMKAR (Pemadaman Kebakaran) tepatnya di halaman depan kantor BAPPEDA sekira pukul. 07.15 wib dengan di hadiri Kadis BAPPEDA, Sekdin, beberapa Tim Petugas DAMKAR, serta jajaran staf BAPPEDA turut menyaksikan cara menanggulangi ketika terjadi kebakaran mendadak.

Dengan adanya praktek simulasi DAMKAR tersebut biar tahu cara cepat menanggulangi pemadaman kebakaran dengan praktis, simple dan aman.

Fungsi alat tabung APAR yaitu ; bisa di gunakan untuk memadamkan kebakaran, di samping itu bentuknya kecil agak panjang beratnya kurang lebih mulai dari 0,5 kg sampai 16 kg ini bisa di gunakan secara manual, Jum’at 9/8/2024.

Menurut staf ahli bidang pencegahan DAMKAR Agus mengatakan, ” Kami sengaja ada giat pelatihan dan praktek cara memadamkan api besar dengan cara pakai manual seperti kalau ada kebakaran seketika kita jangan panik, kita siapkan kain atau Goni di basahi pakai air lalu kemudian langsung tutup api tersebut hingga api itu padam, kalau ada APAR (alat pemadam api ringan) ya sangat membantu untuk bisa memadamkan di semprotkan dengan jarak minim 5 meter api itu sudah padam, tapi tidak boleh terlalu dekat soalnya bahaya karena bahan pakai kimia, ” Terangnya kata Agus.

Di sambung kata dari Sekdin BAPPEDA Budi menambahkan, ” Dengan adanya SIMULASI DAMKAR ini, kami sangat berterima kasih kepada Tim Petugas DAMKAR yang peduli dan membantu soal penanganan pencegahan kebakaran di praktekan secara langsung, supaya tidak kaget ketika ada kebakaran mendadak, jadi kita mengantisipasi biar tahu cara menangani kebakaran tersebut, ” Tuturnya Budi.

(Ip. Willy)