Pembangunan Turap Di Desa Karangsatu Diduga Tidak Sesuai RAB, LSM Prabhu Minta Uji Mutu

oleh
oleh
Share artikel ini

Bekasi : //detiknews86.com/ – Ketua DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi N. Rudiansah menyoroti kualitas pelaksanaan proyek pembangunan turap saluran sekunder Pulobesar Gorong-gorong dua Desa Karangsatu Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi, meminta Uji mutu.

Proyek tersebut, dikerjakan oleh CV. KARYA GEMILANG ANDI dengan Nilai kontrak Rp. 490.065.700,00 dan didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi Tahun 2024. Pembangunan dimulai pada 9 Juli 2024 dan dijadwalkan rampung pada 5 Desember 2024.

Berdasarkan hasil Investigasi di lapangan pada 14 Agustus 2024. LSM Prabhu Indonesia Jaya bersama tim menemukan adanya indikasi ketidaksesuaian pekerjaan dengan spesifikasi teknis yang tercantum dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Dengan demikian, salah satu temuan signifikan adalah pasangan batu pada turap yang tidak diisi adukan semen secara merata, sehingga dapat mengurangi kekuatan dan ketahanan struktur. Selain itu, ditemukan bahwa besi setek pada slup atas hanya ditanam beberapa sentimeter, yang menimbulkan kekhawatiran terkait kekuatan dan kestabilan jangka panjang dari turap tersebut.

“Kami mengingatkan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, untuk melakukan uji mutu yang komprehensif sebelum proyek ini diserahkan secara resmi. Pengawasan yang ketat dan pengujian yang sesuai standar teknis sangat penting, agar proyek ini bertahan lama dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,”Tegas N. Rudiansah Sabtu (21/9/9/2024).

Ia juga menekankan bahwa seluruh pekerjaan harus sesuai dengan RAB yang telah disepakati untuk menghindari potensi penyimpangan. N. Rudiansah meminta Dinas terkait segera mengambil langkah perbaikan atas temuan yang ada dan meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan proyek ini.

“Kami mengharapkan agar dinas terkait benar-benar memperhatikan kualitas pekerjaan dan memastikan bahwa setiap komponen proyek sesuai dengan RAB. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kerugian negara dan memastikan manfaat maksimal bagi masyarakat,”Sambung ia.

LSM Prabhu Indonesia Jaya terus berkomitmen dalam memantau dan mengawasi pelaksanaan proyek-proyek pembangunan yang menggunakan dana publik, terutama di wilayah Kabupaten Bekasi. Lembaga ini bertujuan memastikan setiap proyek dilaksanakan dengan transparansi, efisiensi, dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. (Sr)