PEMDES DESA NGULAK II KECAMATAN SANGA DESA IKUTI PELATIHAN ,MENINGKATKAN KAPASITAS APARATUR DESA MELAYANI MASYARAKAT.

oleh
oleh
Share artikel ini

MUBA SUMSEL-DetikNews86.com.
Demi terwujudnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh dengan pengelolaannya melibatkan segenap aparatur pemerintah, baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah sampai ditingkat pemerintah yang paling terendah yaitu Desa,mengingat pemerintahan desa merupakan basis pemerintah Termasuk dalam struktur pemerintah di Indonesia yang sangat menentukan bagi berhasilnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh.

Dengan pelatihan diharapkan Pemerintah Desa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan Desa,baik secara kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur Pemerintah Desa dengan mengacu pada Dasar-dasar Hukum atau Undang-undang yang ada. Seperti bidang menejemen pemerintahan Desa, menyusun perencanaan pembangunan Desa, pengelolaan keuangan dan aset Desa.

Hal itu bertujuan Untuk mengelola dana Desa yang efektif, efisien, akuntabel, dan transparan diperlukan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan terhadap aparatur Pemerintah Desa dalam bidang pemerintahan, sehingga perangkat Desa dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam melayani masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dalam wilayah Kecamatan Sanga Desa, Rabu (31/5/2023).

Peserta pelatihan yang terdiri dari anggota BPD, Perangkat Desa, Kepala Dusun tampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan oleh beberapa pemateri baik dari Dinas PMD, inspektorat,Kecamatan, hingga Kejaksaan negeri Sekayu.

Pelatihan yang berlansung diaulah kantor Desa Ngulak 2 kecamatan Sanga desa Kabupaten Musi Banyuasin di hadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin,Richard Cahyadi.S.AP .Msi melalui Kabid Keuangan,Ridwan.SE Msi.

Dalam Pelatihan tersebut Kabid Keuangan menyampaikan Beberapa materi, yang terkait Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa, Strategi Perencanaan Pembangunan Desa, Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Pembayaran Non Tunai yang di sampaikan pemateri dari DPMD.

Dalam kesempatan itu selaku Kepala Desa Ngulak II, Yuskenedi menyampaikan, agar para Perangkat Desa yang ikut sebagai peserta pelatihan,Kedepanya dapat dapat mengImplementasikan materi pelatihan dengan baik dan Profesional.ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kepada perangkat desanya,dengan adanya palatihan ini agar mampu bekerja secara Profesional serta lebih Disiplin, apa saja yang di sampaikan oleh pemateri atau tutor dapat di serap dan dipahami serta diaplikasikan pada sistem pemerintahan desa Ngulak 2 agar mampu untuk memberikan pelayanan terbaik diatara yang lebih baik untuk masyarakat.

” Harapan saya nanti perangkat desa bisa dan mampu menerapkan secara baik dan bekerja secara Profesional serta lebih Disiplin lagi, apa saja yang di sampaikan oleh pemateri atau tutor dapat di serap dan dipahami serta diaplikasikan pada sistem pemerintahan desa Ngulak 2 agar mampu untuk memberikan pelayanan terbaik diatara yang lebih baik untuk masyarakat terkhusunya Ngulak 2.Tutupnya (Katada