Pengerjaan Jaling Di Kampung Balong Tua Diduga Dikerjakan Asal Asalan

Share artikel ini

Bekasi, //detiknews86.com/ – Pengerjaan Proyek Jalan Lingkungan (Jaling) yang berlokasi di Kampung Balong Tua RT 001 RW 006 Dusun III Desa Sukabakti Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi Jawa Barat, diduga dikerjakan asal-asalan.

Pasalnya, tidak ada papan nama proyek yang ditempel dilokasi, sehingga warga masyarakat setempat serta tim sosial control tidak mengetahui nilai anggaran apa, tahun berapa yang sedang dikerjakan Selasa (09/05/2023).

Saat dikompirmasi awak media Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat (DPD LSM) Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi N.Rudiansah mengatakan, bahwa kami ke lokasi kegiatan tersebut terkesan tidak transfaran dari masyarakat dan diduga sengaja ditutup-tutupi supaya masyarakat tidak tau anggaran apa dan berapa biayanya, panjangnya berapa, lebarnya berapa dan anggaran apa yang sedang dikerjakan.

“Pekerjaan Jaling diduga menggunakan anggaran Dana Desa (DD) Sukabakti, tampak terlihat jelas dikerjakan asal-asalan dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) diduga sengaja tidak memasang papan nama proyek dilokasi pekerjaan, supaya bebas melakukan aksinya,”ucap N.Rudiansah.

Masih dijelaskan N.Rudiansah, sebab setiap proyek di manapun itu berada baik itu proyek dari Pemerintah maupun Swasta harus jelas informasinya, sehingga masyarakat bisa mengetahui anggaran apa yang sedang dikerjakan.

“Dengan seperti itu TPK pekerjaan telah melanggar aturan Pemerintah yang telah dituangkan dalam Undang-Undang no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),”jelasnya.

Lebih lanjut N.Rudiansah menegaskan, setiap pekerjaan yang tidak jelas informasinya dan tidak memasang papan nama proyek dilokasi kerjaan, itu namanya proyek siluman dan pekerjaan itu sudah Kangkangi Undang-Undang yang sudah diterapkan.

“Dan para pekerja pun tidak ada satupun yang memakai alat pelindung diri, seperti rompi proyek sepatu boot dan lain-lain. Sebagai mana yang jelas dirincikan didalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB),”tegasnya.

( Srn/voy)