Pj Gubernur Sumsel Bersama PMD MUBA Dampingi Kades Bukit Jaya, Raih Juara 1 SDGs di NTB

oleh
oleh
Share artikel ini

MUBA , detik New86.com-

Desa Bukit jaya kecamatan sungai lilin Kabupaten Musi Banyuasin raih penghargaan lomba Juara I, Sustainable Development Goals (SDGs) Tingkat Nasional, untuk tahun 2024, Region II Sumatera.

Acara Penyerahan Penghargaan itu berlangsung khidmat, yang dibuka langsung oleh Menteri Desa PDTT,Prof,Dr.A.Halim Iskandarr.MPd.,Serta dihadiri langsung oleh PJ Gubernur Sumatera selatan, Elen Setiadi,guna mensupport bagi Desa Pemenang ,dan mensuggesti bagi desa lain agar mengikuti jejak desa pemenang, di tahun mendatang.

Penghargaan SDGs itu diterima langsung, oleh Kepala Desa Bukit Jaya,Juhari.Ama.Pd, didampingi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) kabupaten Musi Banyuasin, yang diwakili oleh Kabid TTG, Rusmin Nuryadin,SH.MH ,di lapangan Islamic Centre Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (15/7/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dr Ivanovich Agusta Kepala Badan Pengembangan Informasi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pj Bupati Muba,Sandi Fahlepi melalui PMD, yang diwakili oleh Kabid TTG, Rusmin Nuryadin,SH.MH ,mengatakan kemenangan ini diraih dengan Nominasi Desa Pemberdayaan terbaik dengan pola kemitraan,setelah melalui tahap penilaian dengan 3 katagori, yang tentunya tidak mudah dan penuh perjuangan.

“Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara masyarakat dengan perangkat desa yang ada di Desa Bukit Jaya kecamatan Sungai Lilin ,dengan beberapa Indikator diantaranya sebagai Desa yang mampu memberdayakan anggaran dengan tepat dengan pola kemitraan, serta beberapa katagori lainnya,” Jelas Rusmin.

Dalam kesempatan tersebut,Rusmin berharap agar keberhasilan yang diraih oleh Desa Bukit Jaya ini,mampu menjadi motivasi bagi desa lain, yang ada di Kabupaten Musi banyuasin. Agar dapat meraih prestasi yang sama,dimasa akan datang. Dengan harapan dan tujuan demi kesejahteraan masyarakat didesa itu sendiri.

Diketahui Desa Bukit Jaya, selain meraih juara I lomba SDGs Desa Region II Sumatera,Juga menerima 3 Penghargaan lainya diacara tarap nasional itu.

” Desa Bukit jaya ini juga meraih tiga penghargaan lomba desa lainya diajang tingkat Nasional,sebagai Desa yang mampu mengembangkan dan memajukan desa dengan pola bermitra dengan pihak ketiga yang ada didesanya,sebagai pihak ketiga yang bermitra dengan desa Bukit Jaya adalah dengan Perusahaan PT.Perdana Sawit Mas dan PT.Bastian Tenera Sawit serta mitra dengan KUD Mukti Jaya didesanya,.” Ungkap Kabid TTG PMD Muba, yang kenal murah senyum ini.

“ Desa Bukit Jaya juga menerima 3 (tiga) Penghargaan atas Capaian SDGs, juga meraih Juara ke 1, dalam katagori Desa berenergi bersih dan terbarukan,dan penghargaan atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa, pola bermitra , serta atas dukungan Pemerintah desa kepada Daerah dan dalam capaian SDGs , “Jelas Juhari Kades Bukit Jaya, usai terima Penghargaan SDGs didampingi Kabid TTG Dinas PMD Muba,Rusmin.

Senin (15/7/2024).

(Mus)