PK Bapas Pati Lakukan Penggalian Data Awal Untuk Pelimpahan Litmas PB

Share artikel ini

PK Bapas Pati Lakukan Penggalian Data Awal Untuk Pelimpahan Litmas PB

GROBOGAN – Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pati, Romy Adiyanto melakukan penggalian data dan informasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bernisial DNY yang sedang menjalani pidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwodadi, Selasa (02/01).

Penggalian data dan informasi ini dilakukan karena ada permintaan dari Lapas Purwodadi terkait salah satu WBP yang akan diusulkan Pembebasan Bersyarat (PB). PK Bapas Pati kemudian melakukan penggalian data dan informasi dengan WBP mulai dari identitas, riwayat kehidupan WBP, latar belakang dan kronologi tindak pidana. PK Bapas Pati juga melakukan asessmen Risiko Residivisme Indonesia (RRI) dan asessmen Kriminogenik terhadap WBP.

Setelah dilakukan penggalian data, PK Bapas Pati akan menyusun Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) Awal yang selanjutnya akan dilimpahkan ke Bapas Semarang karena penjamin berada di Kabupaten Demak yang merupakan wilayah kerja dari Bapas Semarang.

“Setelah ini akan kita buatkan Litmas Awal PB, kemudian akan kita limpahkan ke Bapas Semarang. Kemudian PK Bapas Semarang akan melakukan penggalian data dan informasi kepada penjamin serta kesanggupan pemerintah desa dalam usulan program PB untuk WBP. Untuk rekomendasi akhir juga akan ditentukan oleh PK Bapas Semarang”, ungkap Romy.

Kontributor : Humas Bapas Pati