PKKM Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Pada MA INFOTEK AVEROES Sampang

Share artikel ini

Sampang,||detiknews.86.com Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan kegiatan rutinitas tahunan sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan pada madrasah serta pengawasan Kepala Madrasah dalam menjalankan tugasnya.

Kegiatan PKKM ini sebagai proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana dalam Petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, bahwa penilaian kinerja kepala madrasah dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian.

Dari 5 komponen penilaian tersebut terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan meliputi ;

1. Usaha Pengembangan Madrasah;
2. Pelaksanaan Tugas Manajerial;
3. Pengembangan Kewirausahaan;
4. Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan;
5. Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali.

PKKM pada MA INFOTEK AVEROES Robatal, Rabu, 10 Nopember 2021 bertempat di Sekretariat MA INFOTEK AVEROES, sambutan disampaikan oleh Kepala MA INFOTEK AVEROES, Muhammad Ro’is, S.Pd.I., M.Pd. dengan ucapan Selamat Datang dan Tim Penilai PKKM yang ditugaskan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) Drs. H. Mawardi, M.HI, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang yaitu :
1. Eko Supriyanto, S.Ag., M.MPd
2. Drs. Ahmad Fatkan, M.MPd

Ucapan atau apresiasi yang disampaikan oleh Kepala Madrasah tersebut bahwa berkas atau dokumen yang sudah dipersiapkan oleh madrasah ini merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja kami secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan madrasah, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi kedepannya.

Disampaikan pula dari Tim Penilai PKKM, (Drs. Ahmad Fatkan, M.MPd) kewajiban untuk menyampaikan laporan perkembangan dari lembaga berkaitan Instrumen Akreditasi yang mengacu kepada SNP dan EDM yang dibuat lebih sederhana dengan sebutan 5 Budaya Mutu yang diawali dengan Kedisiplinan Warga Madrasah.

Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan, Penyiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran, Penyediaan Sarana Pembelajaran dan Penggunaannya, serta Penyusunan dan Pengelolaan Anggaran.

Selanjutnya, Tim Penilai PKKM (Eko Supriyanto, S.Ag., M.MPd) menyampaikan bahwa PKKM ini, untuk menciptakan pengembangan madrasah yang kreatif dan inovatif dan dapat mengembangkan potensi dari peserta didik dimana pengembangan madrasah terdapat dalam kurikulum yang disesuaikan dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Merupakan salah satu madrasah yang berinovasi melaksanakan penyelenggaraan madrasah riset dan mengadakan dunia usaha dan dunia pendidikan (DUDI) untuk menghasilkan program pelaksanaan product, input, output dan outcome/lulusan.

PKKM di MA INFOTEK AVEROES juga dihadiri :

– Wakil Kepala Madrasah (Suharyadi, S.Pd)
– Waka Kurikulum & Operator (Ismail, S.Pd)
– Bendahara (Moh. Nasiruddin, S.I.Kom)
– Komite Madrasah (Saru’i) dan semua Dewan Guru :
– Hosmiatun, S.Pd
– Tohir, S.Pd
– Ach. Azizi, S.Pd
– Budi Sasmito, S.Pd
– Ainol Fakih, S.Pd
– Rizka Ruqsana, S.Pd
– Ach. Ainur Sidqi, S.Pd
– Maskur Gani, S.Pd
– Moh. Sholeh, S.Pd
– Jefri Anhadi, S.P.d
– Muzammil, S.Pd
– Andi Sugianto, S.Pd

Kepala MA INFOTEK AVEROES juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Tim Penilai dan Pengawas Binaannya atas bimbingan dan arahannya apa yg menjadi kelemahan dan kekurangan pada lembaga kami, semoga kami dapat memperbaikinya kedepan dan semoga dapat menjalankan tugas secara istiqamah, pungkasnya.(Rois_Zharon)