PLT Bupati Kuansing, Target Kedepan pariwisata, Menjadikan Wisatawan Domestik

Share artikel ini

Kuansing, detikNews86.com,- Plt Bupati Kuantan Singingi, Drs H Suhardiman Amby menegaskan, Pacu Jalur Tradisional Kuansing tetap akan di gelar tiap bulan sesuai dengan kalender pariwisata yang telah di tetapkan Dinas Pariwisata Kuansing. Hal itu di ungkapkan Suhardiman, usai acara pembukaan Pacu Jalur yang berlangsung Jumat , 17/3/23 siang di Halaman Kantor Camat Cerenti.

Dikatakan Suhardiman, target pariwisata Kuansing ke depan adalah wisatawan domestik dan mancanegara. Ini sesuai dengan arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, ucap Suhardiman.

Karena itu,meski terjadi pro kontra di tengah masyarakat itu merupakan hal biasa. Karena untuk menciptakan suatu perubahan itu, pasti banyak halangan dan tantangan, ucap Datuk Panglimo Dalam.

Kita akan tetap menggelar event Pacu Jalur sesuai agenda, oleh karena itu, kapanpun wisatawan domestik dan mancanegara itu datang ke Kuansing, agenda Pacu Jalur itu, serta agenda budaya lainnya akan tetap ada, ucap Suhardiman.

Hal Tersebut dibenarkan oleh Kadis Pariwisata Kuansing, Drs Azhar Ali. Kita telah tetapkan kalender pariwisata Kuansing, untuk tahun 2023 ini. Dan kita konsisten untuk melaksanakan nya, sesuai arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, ucap Azhar.

Sementara Kapolres Kuansing menyebutkan, antusiasme masyarakat cukup ramai, meski jumlah yang berlaga hanya 25 jaiur. Sepanjang tebing Tepian Nyiur Melambai ini, cukup padat penonton. Hal itu pun diakui Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata yang ikut mendampingi Plt Bupati Drs Suhardiman Amby.

Kami tetap turunkan personil maksimal, apalagi saya lihat jumlah penonton cukup ramai. Ini untuk mendukung kelancaran helat budaya Kuansing, ucap AKBP Rendra Oktha Dinata di tribun finish pacu jalur Jumat petang.

Turut hadir di tribun VIP, Wakil Ketua DPRD Kuansing H. Zulhendri Nazaruddin, Penasehat Ahli Bupati, Aherson, Anggota DPRD Kuansing Agung Rahmat Hidayat serta mantan Anggota DPRD Kuansing, H Musliadi. Sejumlah Kepala OPD, juga tampak mendampingi Plt Bupati Drs H Suhardiman Amby.

Sementara aduan pacu hari pertama, pacuan sengit terjadi di beberapa hilir seperti Sijontiak Lawik Pulau Tanamo yang harus bertekuk lutut di hadapan pendukungnya sendiri, setelah dikalahkan secara tipis oleh jalur Pendekar Kuning Datuk Panglimo Dalam dari Inuman.

Ribuan warga terlihat berjibun di sepanjang Tepian Nyiur Melambai Kecamatan Cerenti.*

Rilis