Polisi Bidik Pelaku Balap Liar, Siapkan Tindakan Tegas Terhadap Laporan Keluhan Masyarakat..

Share artikel ini

PangkalPinang, DETIK News86.COM– Kepolisian Resor Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung tengah membidik para pelaku aksi balap liar yang kerap kali meresahkan para pengguna jalan di ibukota provinsi ini.

Dalam Operasi Zebra Menumbing 2021 Satuan Lalu Lintas Polres Pangkalpinang, telah memetakan beberapa tempat rawan yang dijadikan untuk arena aksi trek-trekan tersebut dan telah dipantau.

Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Toni Susanto menyebut, setidaknya ada tiga titik rawan yang sering kali digunakan para muda-mudi sebagai arena balap baik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

“Titik yang sudah kita pantau untuk balap liar masih ditempat lama. Untuk roda dua di seputar Taman Dealova. Untuk (Balap) motor dan mobil di sekitar Jembatan Emas dan di Gor Sahabudin,” kata dia kepada Media, Minggu (21/11/2021).

Menurut Toni, aksi adu kebut kendaraan tersebut biasanya digelar dini hari alias tengah malam hingga menjelang pagi hari. Tidak jarang, aksi balap liar tersebut juga dijadikan untuk sarana taruhan.

Maka dari itu, pada Operasi Zebra kali ini balap liar masih menjadi prioritas untuk dilakukan penindakan. Di sisi lain petugas juga tetap mengedepankan pola preventif yaitu mencegah terjadinya aksi balap liar dengan melakukan patroli setiap malam.

“Kita juga sudah melakukan Latihan Pra Operasi, balap liar juga menjadi prioritas utama. Itu untuk kenyamanan masyarakat yang ada di Bangka Belitung,” terang Toni.

Oleh karenanya, sambung dia, kepolisian akan terus melakukan patroli setiap malam di sejumlah titik tersebut untuk mengantisipasi aksi balap liar di jalanan.

Apabila nantinya di dapati aksi balap liar, petugas telah menyiapkan tindakan tegas bagi para pelaku adu cepat berupa tilang hingga penahanan kendaraan hal ini semata-mata demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Bila pelanggaran tersebut bisa menyebabkan kecelakaan, kemudian karena ini menjadi atensi dari pimpinan. Karena kita menginginkan Kamseltibcarlantas yang ada di Bangka Belitung ini dengan tertib,” tandas Toni.

(Red/BaBel)

Tinggalkan Balasan