Proyek Pembangunan Jalan Tanggul Kampung Gandu Poncol Desa Sukamulya Banyak Kejanggalan.

Share artikel ini

Detiknews86.com || Bekasi – Pembangunan jalan tanggul di kampung Gandu RT 001, RW.002 ,Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi di duga kuat syarat dengan kecurangan dan penyimpangan serta kejanggalan.

Pada Sabtu malam (21/09/2024) pukul 19:55 tim media mendatangi lokasi kegiatan dan melakukan investigasi ke lokasi pekerjaan ada beberapa kejanggalan yang tim dapatkan diantaranya:

1. Saat pekerjaan jalan lingkungan di kerjakan pada malam hari dengan menggunakan alat bantu penerangan seadanya seperti LED handphone sehingga pekerjaan berpotensi tidak maksimal.

2. Tidak terlihat adanya papan informasi kegiatan yang memuat judul pekerjaan, informasi jumlah volume pekerjaan dan rincian sumber biaya serta tim pelaksana kegiatan (TPK) yang terpasang di lokasi pekerjaan.

3. Ukuran papan begisting berpariasi dan terpasang tidak di atas lapisan pondasi bawah.

4. Gelaran beton tidak rata dengan begisting.

5. Kwalitas beton sangat cair.

Dari hasil catatan investigasi yang dilakukan team media, kemudian melakukan pencermatan dan pengamatan terkait kwalitas dan mutu serta potensi yang terjadi dari proyek jaling di kampung Gandu Poncol, Desa Sukamulya.

Kemudian pada hari selasa sekitar pukul 13:01 team mencoba menghubungi salah satu perangkat Desa yang menurut informasi adalah orang yang ditugaskan di lokasi kegiatan pekerjaan jaling di kampung Gandu.

Melalui sambungan telepon via WhatsApp team mencoba menggali informasi dengan seorang perangkat Desa tersebut, Tetapi belum mendapatkan informasi dan jawaban yang team butuhkan malah dia mengelak  jika dirinya bukan sebagai TPK. Bahkan team diarahkan untuk menghubungi salah satu wartawan di Sukatani “ke bang ( K ) aja langsung daraku”, tulis perangkat Desa melalui WhatsApp.

Jawaban tidak jelas dari perangkat Desa tersebut membuat kami semakin bingung apa maksud dari pesan WhatsApp itu.

Saat team menanyakan apa maksud dari pesan WhatsApp nya dia menjawab ” Buat Sukamulya udah di pegang ( K ) semua daraku..saya gak ikut campur.

Kemudian pada selasa malam pukul 18:32 Lalu team menggali informasi ke seorang wartawan yang namanya disebutkan oleh perangkat Desa tadi.

“Kalo masalah pekerjaan kita mah nggak ada kaitan Apa-apa.”bantahnya

Hal ini membuat geram Sekretaris Aliansi Wartawan Indonesia Bangkit Bersama Bekasi Raya.

Karnadi Lubis, Sekretaris AWIBB Bekasi Raya sangat menyayangkan bidang sarana dan prasarana pembangunan jalan lingkungan di kampung Gandu.

“Saya sangat menyayangkan Jika benar seperti itu kondisinya,” ucapnya.

Dari rentetan sejumlah kejanggalan pada proyek jaling di kp Gandu, Karnadi meminta tim monitoring dan evaluasi segera kelokasi untuk memastikan apakah pekerjaan itu sudah sesuai dengan perencanaan dan rancangan anggaran biaya.

“Jika seperti itu saya harap seluruh elemen yang memiliki kewenangan agar mengevaluasi dan turun ke lokasi pekerjaan, apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan perencanaan dan sesuai dengan RAB,” pintanya.

Menurut dia, setiap penyelenggaraan yang menggunakan keuangan negara, instansi manapun wajib mempublikasikan dan menginformasikan ke masyarakat agar masyarakat dapat mengawasi secara bersama sama sehingga tidak terjadi dugaan dugaan penyimpangan atau dugaan kecurangan yang sengaja di lakukan oleh oknum dengan tujuan memperkaya diri sendiri atau sekelompok orang.

“itu kan (pembangunan) menggunakan uang negara, uang rakyat, maka harus transparan dong, informasikan kepada masyarakat supaya masyarakat juga dapat mengawasi dan bisa tau seperti apa sebenarnya kontruksi dari sebuah bangunan atau pekerjaan proyek,” tambahnya.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak tim pelaksana kegiatan belum dapat di konfirmasi.

 

Dp (Pj)  / Team