Puluhan Wartawan Tergabung Di Forest Gelar Aksi Damai  Stop Intimidasi Dan Kekerasan

Puluhan Wartawan Tergabung Di Forest Gelar Aksi Damai Stop Intimidasi Dan Kekerasan

Share artikel ini

Puluhan Wartawan Tergabung Di Forwat Gelar Aksi Damai Stop Intimidasi Dan Kekerasan

Tanggerang|Banten|DetikNews86.ComPuluhanJurnalistik di Tangerang melakukan refleksi Hari Pers Nasional (HPN) ke – 76.tahun 2022 yakni menggelar aksi damai turun jalan (Long Mach) menuju halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang (PusPemKotang) dan Polres Metro Tangerang Kota, Rabu (9/2/2022).

Awal aksi damai para wartawan dimulai dari long marc Polres Metro Tangerang Kota, menuju PusPem Kota Tangerang, untuk menyampaikan aspirasi bentuk solidaritas antar Wartawan, mengingat kondisi jurnalis di Indonesia masih banyak kasus kekerasan dan kriminalisasi terhadap pers.

“Saya berharap insan insan Pers bisa menjadi bagian dalam sebuah proses keberlangsungan bangsa kita ini, bisa memberikan informasi-informasi yang edukatif, dan juga informasi-informasi yang membangun,” kata Komarudin kepada “DetikNews86”

Usai melakukan aspirasi di Polres Metro Tangerang Kota, sejumlah wartawan kembali melanjutkan aksinya di depan Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, para jurnalis tersebut diterima oleh Kepala Dinas Komunkasi dan Informasi (Kominfo) Kota Tangerang, Mulyani yang mewakili Walikota Tangerang.

Mulyani mengatakan, jurnalis adalah sahabat Pemerintah Pusat Kota Tangerang, karena selama ini sudah bekerja sama dengan baik untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat Kota Tangerang dan mengkritik pemerintahan untuk perbaikan.

“Saya mewakili Walikota Tangerang mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional yang ke 76, semoga insan pers bisa terus bersinergi dan berkolaborasi kepada Pemerintah Kota Tangerang serta bekerjasama dengan baik. Selama ini kami mengakui rekan-rekan media semua para jurnalis adalah sahabat kami sudah bekerja sama dengan baik, dan kami hadir disini tidak ada rasa ketakutan sedikitpun, karena kami menolak kekerasan tadi makanya kami berani. Berdua dengan kru kami dan rekan-rekan akpol, dan lain semuanya, menerima semua wartawan,” Tegasnya

Selain menolak adanya kekerasan terhadap jurnalis, kami juga berterima kasih atas berbagai masukan dari media yang bersifat kritik membangun bagi kami pemerintah kota Tangerang untuk terus membangun demi masyarakat kota Tangerang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas berbagai masukan dari media yang bersifat kritik membangun bagi kami Pemerintah Kota Tangerang untuk terus membangun bersama-sama untuk kepentingan masyarakat Kota Tangerang. Selamat Hari Pers Nasional 2022,” tambahnya.

Sementara ketua Forum Wartawan Tangerang (Forwat), Andi Lala mengatakan, masih banyak tindak kekerasan yang dilakukan oleh oknum oknum terhadap wartawan di Indonesia dalam menjalankan tugasnya. Hal ini menjadi satu keprihatinan serta lkatan Forwat agar kasus tersebut tidak terulang seterusnya.

“Beberapa waktu lalu Jurnalis di Tangerang diintimidasi oleh oknum Kepala Dinas, bahwasannya itu adalah tindakan pidana. Dan kita bekerja di lindungi oleh undang-undang, bahwa dalam pasal 4 undang-undang pers di jelaskan kebebasan pers adalah hak Warga Negara Indonesia, saya berharap semoga tidak terjadi lagi,” jelasnya.

Andi Lala berharap di Hari Pers Nasional 2022 para jurnalis bisa terus memberikan informasi, menyampaikan berita yang akurat kepada masyarakat.

“Untuk HPN tahun 2022 jurnalis di Indonesia menjadi jurnalis yang bisa memberikan informasi kepada publik yang bermanfaat dan mejadi telinga, mata dan mulutnya masyarakat,” harapnya.

Dari rangkaian aksi damai Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Yang di gelar oleh Forum Wartawan Tangerang (Forwat), Komunitas Jurnalis Kompeten (KJK) ikut serta bergabung dalam aksi damai tersebut, (red/KJK)