Ratusan Rumah Warga Di Kecamatan Rundeng Masih Terendam Air Banjir

Share artikel ini

DETIKNEWS86.COM | SUBULUSSALAM 

Tinggi nya intensitas curah hujan yang semakin Tinggi di sebagian wilayah Kota Subulussalam, hingga meluapnya Sungai Souraya (Lae Souraya). Kini, banjir itu pun semakin parah sampai ke Rumah warga. jumat (24/11/2023).

Sungai Souraya (Lae Souraya) di Kecamatan Rundeng yang saat ini masih meluap, tidak hanya menggenangi badan jalan. Namun juga telah menyasar ke rumah warga.

Ketinggian air disana bervariasi, genangan air di badan jalan panglima Sahman setinggi pinggang orang dewasa, sedangkan ke permukaan rumah warga sekira 30 Cm.

“Jalan kami banjir hingga setinggi pinggang orang dewasa, khususnya Sepeda Motor (Sepmor) tidak bisa melewati akses jalan di Panglima Sahman ini,” sampai, Ali. warga setempat.

“Banjir udah mulai menyasar rumah warga kedalaman kurang lebih 30 Cm, diperkirakan banjir ini pun akan terus bertambah karena intensitas hujan masih tinggi di Wilayah DAS (Daerah Aliran Sungai),” sampainya.

Meluapnya Air sungai Souraya tersebut, mengakibatkan lumpuhnya aktivitas warga disana. Terlebih lagi, saat ini Sejumlah Fasilitas Umum Tidak Dapat Di Fungsi kan Sperti Halnya, Sekolah SD, Sekolah TK, Poskesdes, dan Kantor Desa.

Saat ini, ada beberapa warga yang dilaporkan mengungsi ke tempat lebih tinggi di tempat saudaranya. Dan, warga masih tetap waspada, mengingat daerah tersebut merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS). Yang masih dilanda banjir

Salah satu akses, jalan Panglima Sahman itu, langganan banjir setiap musim hujan mengguyur di sana. Tak heran, jalan tersebut juga banyak yang berlubang akibat genangan air di jalan tersebut.

Diperkirakan terdampak Air banjir di wilayah kecamatan Rundeng Adalah Meliputi Desa Tanah Tumbuh, Desa Tualang, Desa Mandilam, Desa Laemate, Desa Dah, Desa Sibuasan, Desa Sibungke, Desa Panglima Sahman, Desa Muara Batu Batu, Desa Pasar Rundeng, Desa Binanga, Desa Belukur Makmur, Desa Oboh, Desa Kuta Berigin, Dan Desa Siperkas.

[RM]