Silih berganti kepemerintahan masyarakat pedalaman Aceh Timur tetap sengsara.

Share artikel ini

DETIKNEWS86.COM, ACEH TIMUR 

Pemerintah Aceh Timur diminta lebih memperhatikan sektor pendidikan dan kesehatan serta akses jalan di daerah pedalaman Aceh Timur, Rabu (19/7/2023)

Ketiga bidang itu penting serta wajib diperhatikan agar kualitas hidup masyarakat di daerah pedalaman Aceh Timur tersebut bisa meningkat.

Di manapun masyarakat berada harus mendapat pelayan pendidikan dan kesehatan yang layak. Seperti yang dirasakan masyarakat di daerah perkotaan.

Hal ini sangat penting dan wajib menjadi perhatian pemerintah daerah. Mengingatkan ketiga hal tersebut sangat di butuhkan oleh masyarakat yang ada di pedalaman Aceh Timur.

Sejauh ini silih bergantinya kepemerintahan di Aceh Timur tapi masyarakat pedalaman belum memenuhi syarat sejahtera, baik dari sektor pendidikan dan kesehatan serta akses jalan yang memadai,hal ini harus segera dibenahi oleh pemkab Aceh Timur.

Seperti halnya masyarakat seumanah jaya, kecamatan Ranto Peureulak Aceh Timur, Aceh. dimana diketahui desa tersebut tidak adanya puskesmas ataupun postu, jika masyarakat desa tersebut sakit maka harus di bawa ke puskesmas yang ada di kecamatan yang jarak tempuhnya mencapai 14kg bahkan lebih dari itu.

Selain dari pada itu juga untuk pendidikan juga sangat terbatas, seperti sekolah menengah atas (SMA) juga tidak ada di desa tersebut jika anak anak yang ingin melanjutkan sekolah mereka harus ke kecamatan Ranto Peureulak atau ke kecamatan peunaron yang juga jarak tempuh sangat jauh.

Selain dari sektor pendidikan dan kesehatan juga akses jalan kota terpadu mandiri (KTM) desa seumanah jaya ranto Peureulak, yang sangat memprihatinkan dimana diketahui jika sampainya musim hujan masyarakat KTM terisolasi dari masyarakat luar dikarenakan akses jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau roda empat.

Masyarakat pedalaman meminta pemkab Aceh Timur tidak tutup mata dengan kondisi masyarakat pedalaman Aceh Timur.

[Bayu H.I]