Tanpa Papan Nama Proyek Dermaga Mini Belum Selesai Sudah Mau Ambruk

oleh
oleh
Share artikel ini

Banyuasin,|| detikNew86.Com-
Pekerjaan proyek pembangunan Dermaga mini yang berlokasi di lorong Musi Jaya Laut Rt.006/002 Desa Marga Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin, mulai disoroti oleh warga setempat.

Pasalnya, Pekerjaan proyek yang sudah 3 Minggu ini mau ambruk dan tanpa dilengkapi atau di pasang papan nama proyek.

“Semestinya pihak pemborong atau kontraktor harusnya memberikan surat pemberitahuan kepada pihak pemerintah desa, kalau ada masyarakat bertanya ini proyek apa?,” ungkap warga Desa yang minta tidak disebutkan namanya.

Dia sangat menyayangkan, seperti pengawas lapangan yang memonitoring proyek tersebut tidak menegur atau mengingatkan rekanan agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.

Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” ungkap salah satu warga yang mengetahui betul tentang aturan proyek pemerintah itu.

Menurut pekerja kasar / tukang edi yang mengerjakan bangunan dermaga mini saat di wawancarai, rabu ( 16/08/2023) mengatakan bahwa ” kami tidak tau mengenai anggaran, kami hanya di perintahkan untuk kerja saja, kami hanya di bayar upah harian saja, “ucapnya

Hingga berita ini diturunkan belum juga ada papan nama proyek yang terpasang,dan tidak diketahui nama CV yang mengerjakannya.

Sementara itu, pengawasan proyek Heriyanto saat di konfirmasi terkait proyek pembangunan Dermaga mini tersebut membenarkan dan akan kami perbaiki serta akan kami pasang papan nama proyeknya, ungkapnya.

Kepala Desa Marga Sungsang, Taufik Ansori saat di hubungi berharap pembangunan Dermaga tersebut dapat di bangun sesuai dengan aturan yang ada supaya dermaga tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat nelayan kami dan apabila tidak di selesaikan maka kami dari pemerintah desa tidak akan menerima pembangunan tersebut tuturnya.

(Hamkah)