Tindakan Represif di Rempang – Kepri : Aliansi Masyarakat Melayu Se-Batu Bara Gelar Aksi Solidaritas di Gedung DPRD Batu Bara.

oleh
oleh
Share artikel ini

Tindakan Represif di Rempang – Kepri :
Aliansi Masyarakat Melayu Se-Batu Bara Gelar Aksi Solidaritas di Gedung DPRD Batu Bara

Batu Bara – detiknews86.com ,Sebanyak 8 (delapan) organisasi lokal Kab. Batu Bara melaksanakan konsolidasi terbuka untuk menggelar aksi unjuk rasa solidaritas damai yang akan dilakukan pada hari rabu tanggal 13 September 2023 di depan gedung DPRD Batu Bara Lima Puluh.

Gabungan organisasi tersebut antara lain Aliansi Pemuda Desa Bersatu Indonesia (APDESU INDONESIA), Lembaga Belia Melayu Batubara, Tunas Muda Gemkara (TMG), Lembaga Melayu Bersatu (LLMB), GMBB, SEMMI dan beberapa lembaga budaya melayu lainnya Minggu (10/09/2023).

Aliansi Masyarakat Melayu & Antar Suku Kab. Batu Bara tersebut mengecam tindakan represif dan arogansi aparat penegak hukum dalam melakukan pengosongan 16 kampung tua melayu adat yang akan di jadikan lokasi industri rempang Eco City di pulau rempang Kepri.

Koordinator rencana aksi solidaritas damai untuk mendukung perjuangan masyarakat melayu rempang terhadap program strategis nasional (PSN) yang di gagas oleh aliansi masyarakat melayu & antar suku Kab. Batu Bara, jefrizal amnil, S.E mengatakan bahwa aksi solidaritas ini sebagai buntut kekerasan fisik kepada masyarakat melayu yang ada di tanah beradat rempang melayu oleh oknum aparat gabungan pada hari kami, 07 september lalu.

“Kami menyayangkan tindakan yang berlebihan oleh aparat penegak hukum dalam melakukan pengosongan paksa kampung masyarakat, sehingga terjadi tindakan represif oleh aparat, korbannya adalah fasilitas sekolah dan masyarakat, ini sangat tidak punya moral demi kepentingan investasi, mereka adalah saudara-saudara kami, jadi kami putuskan untuk lakukan aksi solidaritas kepada mereka”. Ungkap pria yang akrap dipanggil abah jefri.

Terkait dengan teknikal aski unjuk rasa dimaksud, penanggung jawab aksi M. Adam Malik, S.Sos menyampaikan bahwa rencana aksi telah matang sudah mendapatkan beberapa keputusan yang di himpun.

“Alhamdulillah, bak gayung bersambut. Semua element telah merespon positif aksi damai ini, karena ini adalah aksi kemanusiaan, kita semua bersaudara, ini adalah issu nasional, tidak memandang lagi suku – suku.

Mereka masyarakat rempang Kepri adalah saudara-saudara kita, hari ini nasib mereka, bisa jadi kedepan nanti giliran kita yang dihadapkan dengan masalah yang sama”. Ungkapnya.

Ia meminta kepada masyarakat Batu Bara untuk ikut berpartisipasi dan mendoakan rencana dan pelaksanaan aksi berjalan dengan lancara dan damai.

“Titik kumpul yang kita sepakati yaitu di lapangan bola kaki kecamatan talawi (pasar mereng), dan hari ini kita lakukan pemberitahuan kepada pihak kepolisian Batu Bara untuk diminta mengawal aksi kita nantinya”, ungkapnya (Staf07)

Laporan : Solihin