UPTD BLK Disnaker Pati Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Launching AK- 1 Online Tanda Tangan Elektronik

Share artikel ini

Pati, DetikNews86.Com – 

Pelatihan berbasis kompetensi dana APBN tahun 2023 dan launching AK-1 online yang diikuti 80 peserta yang diselenggarakan oleh UPTD BLK Disnaker Kab. Pati diaula UPTD BLK PATI, Senin tgl (13/02/23).

Hadir Kepala Disnaker Pati Bambang Agus Yunianto, S.H., M.M., Asisten ekonomi dan pembangunan Nasikun, S.H., M.M, Plt BLK Pati Sri Utami, S.E, MPA, sekretaris Disnaker Ir. Tri Heni Cristiati, M.M dan para tamu undangan.

Pelatihan berbasis kompetensi tahap pertama 2023 dan launching AK-1 online Tanda Tangan Elektronik. Kadisnaker Bambang Agus Yunianto, S.H., M.M “Menyampaikan bahwa pelatihan hari ini diikuti 80 peserta. Pelatihan berbasis kompetensi ini sesuai program pemerintah dimulai tanggal 13 pebruari – 31 maret 2023. Para peserta berasal dari pencari kerja yang melakukan pendaftaran melalui aplikasi sisnaker. Jumlah peserta 16 orang masing masing jurusan, dan launching AK- 1  yang utama para pencari kerja dapat mencetak AK-1 sendiri dari rumah dan mempercepat pelayanan AK- 1 kepada pencari kerja,” terangnya.

Sambutan dari Pj Bupati yang diwakili oleh Asisten Ekonomi & Pembangunan Nasikun, S.H., M.M dengan adanya pelatihan ini para peserta mempunyai skill dan ketrampilan yang mumpuni, yang kedepannya potensi yang ada dapat mempunyai keahlian, dan isyaallah bisa lebih mandiri,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini, seperti menjahit, tata rias kecantikan, desain grafis, pemasangan instalansi listrik indrustri dan Plat welder Smaw 3G-Up/PF, dapat mengurangi pengangguran yang ada, selain itu mendapatkan sertifikat kompetensi yang dapat dipergunakan sesuai keahliannya untuk melamar sesuai pekerjaan,” ucapnya.

Kartu AK-1 / kartu kuning  dibuat secara online melalui aplikasi sisnaker.  Langkah pertama adalah daftar akun kartu pencari kerja, selanjutnya mengisi alamat email atau nomor handpone dan pasword selanjut klik pendaftaran. Melengkapi profil (foto), biodata sesuai KTP, ijasah (pendidikan). Jika sebelumnya cetak AK -1  dilakukan di Mall Pelayanan Publik, saat ini dapat dilakukan secara mandiri karena sudah dibubuhi tanda tangan elektronik. Harapannya dengan adanya AK -1  bertanda tangan elektronik ini dapat mempermudah dan mempercepat  layanan yang bisa dilakukan dimanapun.

Penulis : Yanti