Waduh!! kok bisa ya obat di RSUD Subulussalam kosong, ini jawabannya

Waduh!! kok bisa ya obat di RSUD Subulussalam kosong, ini jawabannya

Share artikel ini

DetikNews86.com~Subulussalam | Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subulussalam sepekan terakhir mengalami kekosongan obat sehingga menyebabkan pasien terpaksa menebus obat ke apotek terdekat secara mandiri itu hal biasa, Kamis (26/1/2023)

Direktur RSUD dr. Dewi Pinem dikonfirmasi DetikNews86.com, hari ini membenarkan adanya kondisi kekosongan obat di rumah sakit milik pemerintah daerah ini.

“Tentang ketersediaan obat di rumah sakit, diakui memang betul ada yang kosong,”kata dr dewi namun tidak mengurangi pelayanan kami.!!

Ia mengakui, berdasarkan hasil pengecekan dan keterangan Kepala Instansi Farmasi RSUD Subulussalam, kita ada stok obat-obatan untuk kebutuhan pasien memang sedang kosong.

Namun, ia tidak merincikan apa saja jenis obat-obatan yang kosong tersebut.

Sebagai solusi, pihaknya sudah melakukan penanganan dengan cara memesan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan.

“Dan saat ini, obat-obatan tersebut sedang dalam proses pengiriman,” katanya

Ia juga menegaskan “biasanya dalam kondisi tersebut banyak rumah sakit di Tanah Air menjalin kerja sama dengan beberapa apotek, untuk mengatasi kekosongan”

Kerja sama dengan pihak ketiga tersebut, kata dia, “sifatnya hanya kondisional dalam keadaan tertentu, serta tidak membebani pasien dalam memperoleh obat-obatan dari luar”, pungkas Dewi

[RM]