*Warga Berharap Kepada PemKab Bekasi Jembatan dan Pintu Air di Bangun Kembali*

Share artikel ini

*Warga Berharap Kepada PemKab Bekasi Jembatan dan Pintu Air di bangun kembali*

DETIKNEWS86.COM. Bekasi-Kali Sungai pembuang Air di Wilayah Kobak pasir, yang terletak diantara dua desa, yakni Desa Karangpatri dan Desa Kertajaya sudah dinormalisasi sepanjang diameter kurang lebih 3 km, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi, Tahun Anggaran (TA) 2021.

Adapun tujuan dari kegiatan normalisasi tersebut, selain sebagai antisipasi banjir pada musim penghujan yang akan datang, dan stabilitas air ketika akan digunakan oleh para petani pada setiap musim tanam Padi,dan masih banyak manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh Petani dan masyarakat itu sendiri.

Namun disisi lain ada beberapa bendungan dan pintu air, sebagai saluran sadap pembagi dan jembatan akses penghubung pertanian yang masih aktif di kali Kobak Pasir, walaupun dibangun secara manual oleh para petani sekitar, sekarang sudah lenyap lantaran tergerus alat berat ketika pengerjaan normalisasi.

“Ahmad (50) Tahun, seorang warga petani, berharap agar bendungan dan pintu air juga jembatan sebagai akses penghubung pertanian itu dibangun kembali secara permanen, karena ini sangat penting demi kelancaran air ketika dibutuhkan oleh para petani pada musim tanam Padi dan jembatan yang merupakan sarana penting ketika musim panen tiba, untuk mengangkut padi ke tepian jalan.

Kami berharap agar bendungan, pintu air, juga jembatan penghubung pertanian, yang berfungsi mengatur pembagian air kepada areal pesawahan, dan jembatan untuk mengangkut padi ke tepian jalan pada saat musim panen tiba, agar dibangun lagi secara permanen, supaya sistem pengairan dan transportasi di areal pertanian kami lancar dan teratur,” ungkap Ahmad.

“Hal itu dibenarkan oleh N. Rudiansah Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi, saat dirinya melihat ke lokasi, Sabtu, (27/11/21).

Dan dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, melalui Dinas Bina Marga Sumber Daya Air(DBM-SDA) serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera mengecek lokasi bendungan dan pintu air yang rusak di kali Kobakpasir, untuk secepatnya diperbaiki, selain itu juga jembatan penghubung pertanian sebagai akses penting disaat musim panen sangat dibutuhkan, mestinya menjadi prioritas,” Terangnya.DETIKNEWS86.COM”

“Saya dan para petani mengharapkan agar Pemerintah dan Dinas terkait agar secepatnya membangun pembuatan bendungan dan pintu air, di kali Kobak Pasir, karena ini sangat penting sebagai sarana pertanian yang sangat dibutuhkan oleh para petani, juga jembatan penghubung pertanian sebagai alat transportasi pengangkutan padi pada musim panen, demi mencapai tingkat penghasilan dan kelancaran para petani itu sendiri.” Pungkasnya N. Rudiansah. (YY)