Wujud Cinta Tanah Air, Warga Binaan Lapas Banyuwangi Ikuti Upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

oleh
oleh
Share artikel ini

Banyuwangi, detiknews86.com INFO_PAS – Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuwangi Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur antusias mengikuti upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara yang dilaksanakan tanggal 17 pada setiap bulannya, Jumat (17/11).

Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono melalui Kasubsie Bimkeswat Dhanny Dwi S memimpin jalannya upacara dan bertindak sebagai perwira upacara.

Dhanny menyebut upacara kesadaran berbangsa dan bernegara bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air dan menambah patriotisme serta nasionalisme di dalam diri setiap warga binaan.

“Nilai – nilai yang terkandung pada upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara ini sangatlah mulia. Karena senantiasa dapat meningkatkan wujud kecintaan kita terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Dhanny.

Dia menambahkan warga binaan sebagai peserta upacara berjumlah 200 orang yang terdiri dari 150 pria dan 50 wanita, mencakup warga binaan dan mahasiswi magang.

“Seperti sebelumnya, peserta upacara akan ditunjuk sesuai urutan dan giliran warga binaan karena menyesuaikan lebar lapangan upacara,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dhanny menambahkan jika upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara pada bulan November ini sedikit berbeda dengan bulan – bulan sebelumnya dengan hadirnya mahasiswi magang .

“Tidak hanya warga binaan yang mengikuti upacara ini, tapi juga adek – adek mahasiswi Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo,” tambahnya.

Lapas Banyuwangi juga bertekad akan selalu meneruskan serta melaksanakan upacara Kesadaran Berbangsa dan Bernegara ini.

“Diharapkan benar – benar merasuk kedalam hati sanubari warga binaan, agar dapat merubah sifat dan perilaku menjadi ke arah yang lebih baik lagi,” tutupnya.

(Humas / Totok.S)