Nasib Aparatur Pekon Mengenaskan, Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Share artikel ini

DetikNews86.com – Lampung Barat – Beberapa pekan terakhir, diskusi tentang nasib aparatur pekon ( Desa) di pekon Suka Jaya kec Pagardewa Kabupaten Lampung Barat cukup menghangat, rabu 02/02/2022.

Pasal nya gaji, atau penghasilan tetap (Siltap) yang tidak kunjung dibayarkan selama 2 tahun 2020 -2021, Hal ini tentunya sungguh ironis karena menyangkut dapur aparatur desa, ditengah tuntutan penanganan Pandemi COVID-19, mulai dari penyaluran BLT, BST, aktivitas, terakhir PPKM Mikro ternyata dapur mereka terancam tidak mengebul.

Persoalan Siltap yang terlambat ini seharusnya tidak perlu terjadi, masalah dana untuk pembayaran sudah turun,  dari tahun 2020 lalu anggaran nya sudah ada.

Menurut salah satu pemangku berinisial As, dia mengatakan,”
Saya tahun 2020 lalu belum menerima gaji selama enam bulan, sedangkan untuk tahun 2021 ini 2 bulan lagi, itu pun di berikan pada akhir tahun, ada potongan 1 juta kata nya.

Senada dengan rekan nya pemangku berinisial KS menutur kan,” untuk tahun 2020 saya belum menerima gaji selama 7 bulan, untuk tahun 2021 ini siltap nya di berikan sudah akhir tahun, ada potongan 1 juta, suka gak suka, ujar pemangku tersebut

Ketika awak media menanyakan  kepada peratin Suka Jaya Wawan Hermawan beliau mengatakan,”ini urusan pribadi saya sama aparat pekon saya ujar nya, ini sudah jadi hutang saya dan pasti saya bayar ujar nya.

Sungguh ironis memang, di tengah keadaan ekonomi yang masih terguncang oleh covid 19 ini, sudah seharusnya peratin memperhatikan para pembantu nya dalam pemerintahan, mereka yang sudah bekerja penuh loyalitas, seharus nya mendapatkan hak nya, bukan nya malah di kurangi apalagi di tahan.

Kami berharap kepada pihak terkait dalam hal ini camat dan DPK (Apdesi kecamatan) pagar dewa, untuk menyelesaikan keterlambatan pembayaran gaji aparat pekon ini, agar menjadi perhatian oknum peratin tersebut.

(Samsun)