Kado HUT Kemerdekaan RI Ke 78, Narapidana Lapas Dompu Terima Remisi Dari Menkumham RI

Kado HUT Kemerdekaan RI Ke 78, Narapidana Lapas Dompu Terima Remisi Dari Menkumham RI

Share artikel ini

Detiknews86.com, Dompu NTB – Di momen Hari Ulang Tahun Ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis ( 17/8/2023 ) ini merupakan hari bahagia bagi Narapidana di Lapas seluruh Indonesia dan khususnya warga binaan Lapas IIB Dompu di lingkup Kantor Wilayah Kemenkumham Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Menandai upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 ini Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor. PAS-39.PK.05.04 Tahun 2023 memberikan Remisi Umun dan Pengurangan masa Pidana Umum kepada anak binaan.

Bupati Dompu Saat Menyerahkan SK Remisi Kepada Salah Seorang WB Lapas Dompu

Rangkaian penyerahan SK remisi umum bagi para Nara Pidana di Lapas Dompu sebelumnya dilaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke 78 yang di pimpin langsung Bupati Dompu H.Kader Jaelani  di area lapangan apel Lapas Dompu.

Selain itu turut hadir pula Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parshan ST.MT, Dandim 1614 Dompu, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK, Kejari Dompu, Ketua DPRD Dompu H. Andi Bahtiar AMpar serta tiga orang anggota, Kapolsek Woja dan sejumlah undangan instansi terkait masing-masing menggunakan pakaian adat Daerah.

Selanjutnya acara di awali dengan membacakan teks Pancasila oleh Bupati Dompu selaku Inspektur upacara, pembacaan naskah Proklamasi oleh pegawai lapas Dompu dan mengheningkan cipta serta pembacaan sambutan Menkumham RI oleh Bupati Dompu serta penyerahan secara simbolis SK Menkumham tentang remisi umum dan pengurangan pidana umum ke dua warga binaan Lapas IIB Dompu.

Kemudian pelaksanaan upacara tersebut berlangsung singkat dan cepat namun nilai semangat, persatuan serta kemeriahan terus melaju untuk menuju Indonesia maju dan upacara di akhiri sesi foto bersama Bupati Dompu dengan warga binaan serta keluarga besar lembaga pemasyarakatan kelas IIB Dompu.

Kemudian usai acara bupati Dompu beserta rombongan langsung kembali menuju lapangan beringin pandopo untuk memimpin kembali upacara peringatan HUT RI ke 78, dan giat upacara penyerahan remisi narapidana/warga binaan berlangsung aman dan kondusif,pungkas Kalapas Dompu usai mendampingi Bupati Dompu.
Jurnalis : Rdw/ddo