Ketua Pokdarwis Kali Dozer Terima Kunjungan P2D ITB Program PLTS

Ketua Pokdarwis Kali Dozer Terima Kunjungan P2D ITB Program PLTS

Share artikel ini

Ketua Pokdarwis Kali Dozer Terima Kunjungan P2D – ITB Program PLTS


DetikNews86.Com
Bekasi-Jabar Pusat Pemberdayaan Perdesaan Institut Teknologi Bandung (P2D-ITB) yang diketuai oleh Dr. Tri Desmana Rachmildha S.T.M.T melakukan program pengabdian masyarakat berupa Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Sekala kecil sebagai sumber Energi Alternatif dan Energi terbarukan, kerjasama dengan Pokdarwis Kalidozer Desa Sukawijaya Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi yang diketuai oleh Sophal Jamil,”kata Dr. Tri Desmana pada Jum’at (18/11/2022).

Menurut Ilmuan ITB Hendarko S.T.M.Sc menjelaskan, bahwa Desa Wisata Kali Dozer Sukawijaya memiliki potensi tenaga surya yang begitu cukup besar, dimana lokasi tersebut memiliki karakteristik daerah yang cukup panas. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik.

“Komponen utama dari PLTS adalah panel surya fotovoltaik yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan listrik sehari-hari,”jelas Hendarko.

Lanjutnya, arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya fotovoltaik adalah arus listrik searah (DC) sehingga dibutuhkan komponen lainnya, seperti inverter untuk mengkonversi arus listrik searah (DC) ini menjadi arus listrik bolak-balik (AC).

“Pemasangan PLTS tersebut, di samping sebagai kebun energi yang menghasilkan energi listrik, sekaligus juga dapat dijadikan sebagai salah satu wahana eduwisata untuk mendukung program kampung wisata Kali Dozer,”paparnya.

Ketua Pokdarwis Kali Dozer Sophal Jamil di dampingi pengurus Pokdarwis se-kabupaten Bekasi Ahru mengucapkan terimakasih kepada P2D – ITB, LPPM-ITB dan kepada semua pihak yg sudah turut serta membantu terealisasinya program ini.

“Semoga memiliki manfaat yang besar untuk kemajuan ekonomi masyarakat Bekasi dan menjadi Referensi untuk para penggiat wisata lainnya di Kabupaten Bekasi,”ucap Ahru.

Ketua Pokdarwis Muaragembong Darman mengapresiasi langkah yang diambil oleh Ketua Pokdarwis Kalidozer bekerjasama dengan P2D-ITB dalam program PLTS Desa Sukawijaya, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, sebagai penggerak perekonomian masyarakat yang lebih baik.

“Harapan untuk kedepan nya Pemerintah Kabupaten Bekasi bisa andil dalam pengembangan pembangunan yang jelas sudah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, Pokdarwis se-Bekasi menuju era digital,”harap Darman.

( RD )