KPUD Dompu,Siap Laksanakan Pemungutan Suara, Perhitungan suara dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024.

Share artikel ini

Dompu – NTB
detiknews86.com
Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Dompu menggelar rapat koordinasi terkait persiapan pemungutan suara, perhitungan suara dan pendistribusian logistik Pemilu tahun 2024 ke seluruh Kecamatan Desa/ Kelurahan dengan tepat waktu dan aman, Sabtu (10/2/24) sekitar pukul 14.00 Wita.

Kegiatan tersebut bertempat di room meting cafe Laberca cabang timur lampu merah tepatnya lingkungan Swete Utara Kelurahan Bali Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan ST.MT mewakili Bupati Dompu H.Kader Jaelani yang kesekian kali berhalangan hadir, Kapolres Dompu di wakili Wakapolres Dompu Kompol Jamaluddin S.Sos, Kasdim mewakili Dandim 1614 Dompu, Kejari Dompu di wakili Kasi Intel Kejaksaan Negeri Dompu, Kadis Pol PP Kabupaten Dompu H.Sukardin, Sekretaris Kesbanglinmas Kabupaten Dompu mewakili Kepala Badan Kesabanglinmas, Camat Woja, Camat Hu,u, Camat Pajo, Camat Kempo, Camat Dompu, Camat Kilo dan Camat Pekat.

Wakil Bupati Dompu Menghadiri Rakor Pemilu 2024.


Kemudian hadir pula Ketua KPUD Dompu bersama anggota, Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Sekjen KPUD dan Staf serta puluhan pimpinan media pers se Kabupaten Dompu.

Sebelum acara di buka para peserta rakor menyanyikan lagu Indonesia Raya dan di lanjutkan dengan sambutan Ketua KPUD Kabupaten Dompu sekaligus membuka secara resmi acara rapat koordinasi persiapan pemungutan suara, perhitungan suara dan pendistribusian logistik pemilu tahun 2024.

Ketua KPUD Kabupaten Dompu Drs Arifuddin dalam pengantar sambutan menyampaikan, puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga acara pada siang hari ini dapat kita laksanakan dalam keadaan sehat walafiat.

Adapun beberapa hal penting yang ia sampaikan bahwa mulai saat ini kami pastikan siap melaksanakan pemungutan suara, perhitungan suara dan pendistribusian logistik Pemilu tahun 2024 berlangsung aman dan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan.

Selain itu ia memastikan pula bahwa penyelenggara pemilu mulai dari tingkat KPU, PPK, PPS Desa dan Kelurahan sampai ke KPPS di Seluruh TPS sudah sangat siap untuk melaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara serta pendistribusian logistik dan alat perlengkapan lain di jamin aman dan kondusif sampai ke titik TPS.

Kemudian Arif sapaan akrab Ketua KPUD Dompu meyakinkan pula bahwa jumlah TPS yang di bentuk di delapan Kecamatan Kabupaten Dompu sekitar 744 TPS dengan rincian petugas KPPS per TPS sebanyak 7 orang, dan semua petugas KPPS sebelumnya sudah di lakukan Bintek secara berjenjang.

“Insyaalah penyelenggara di tingkat TPS dan PPS pastikan dapat bekerja dengan serius dan profesional sesuai dengan tugasnya masing-masing karena sudah dilaksanakan bintek secara berjenjang, ” papar Ketua KPUD dengan optimis.

Kemudian Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan ST dalam sambutan singkat menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu legislatif dan Pilpres tahun 2024 yang tinggal menghitung jam lagi dapat berjalan aman, tertib, lancar dan sukses apabila pendistribusian logistik sudah sampai di tingkat Desa dan TPS tepat waktu, pasalnya logistik pemilu ini sebagai penentu sukses atau tidaknya pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara di tingkat TPS, ulas Wakil Bupati.

Terkait hal itu ia minta kepada seluruh masyarakat terutama institusi penyelenggara Pemilu baik KPU, Bawaslu, aparat Kepolisian dan TNI serta Pol PP dapat melakukan kerja sama/koordinasi yang baik agar pelaksanaan pemilu tahun 2024 dapat berjalan sebagaimana di harapkan. Selanjutnya Wakil Bupati Dompu mengingatkan kepada pihak keamanan baik Polri dan TNI khusus anggota Pol PP di Kecamatan supaya bekerja sama dengan Babinkamtimas dan Bhabinsa Desa agar mengawal pendistribusian logistik, penghitungan suara dan pemungutan suara sampai selesai dengan aman dan lancar.

Ia mengingatkan lagi kepada anggota Pol PP Kabupaten Dompu agar membanngun sinergitas dengan instansi terkait dan mengawal pendistribusian logistik sampai di tingkat TPS agar pelaksanan pemilu yang tinggal beberapa hari lagi berlangsung aman dan sukses.

“Bila ada anggota Pol PP yang tidak serius melaksanakan tugas mulai dari pendistribusian logistik sampai membawa kembali peti hasil perhitungan suara ke PPS dan PPK jangan ragu laporkan ke saya,” tegas Wakil Bupati.

Selain itu ia berharap agar pelaksanaan pemungutan suara,berlangsung aman, dan lancar sampai perhitungan suara selesai, pinta wakil Bupati Dompu.

Tak hanya sampai di situ acara tersebut di lanjutkan dengan sesi diskusi yang di pimpin oleh Ketua KPU dengan Kesimpulan bahwa pastikan pemilu 2024 di Kabupaten berlangsung Luber, jurdil dan bermartabat. Dan di akhiri acara dilakukan sesi foto bersama antara anggota KPUD, Forkopimda dan peserta rakor berjalan aman dan terkendali, pungkasnya.

jurnalis, Rdw/ddo.