Para Petani Masyarakat Desa Sukadaya Menyambut Baik Serta Serta Ucapkan Rasa Syukur Atas Kegiatan Rehabilitasi Irigasi Tersier (RJIT)

Para Petani Masyarakat Desa Sukadaya Menyambut Baik Serta Serta Ucapkan Rasa Syukur Atas Kegiatan Rehabilitasi Irigasi Tersier (RJIT)

Share artikel ini

Para Petani Masyarakat Desa Sukadaya Menyambut Baik Serta Ucapkan Rasa Syukur Atas Kegiatan Rehabilitasi Irigasi Tersier (RJIT)

DetikNews86.Com
Masyarakat Desa Sukadaya Kecamatan Sukawangi khususnya para petani menyambut baik serta ucapkan rasa syukur atas kegiatan pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) Kp.Pengarengan RT.015/006 Desa Sukadaya Kecamatan Sukawangi Program Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang berasal dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2023.

Salah Satu nya Kelompok Tani Terate Jaya yang mendapatkan Kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang berasal dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2023. di alokasikan kepada kelompok Tani Terate Jaya dalam rangka meningkatkan produksi padi yang mana faktor penting dalam proses usah tani yang memiliki dampak langsung terhadap peningkatan luas areal tanam.

Alek (45) salah satu petani mengatakan, pihaknya bersama petani lainnya mengaku bersyukur dan berterimakasih dengan adanya pembangunan irigasi di Desanya, sebab kata dia, selama ini jika saat musim kemarau tiba saluran air sangat sulit Air pun tidak bisa mengalir pesawahan karena jaringan irigasi tidak berfungsi, maka dengan adanya pembangunan sekarang ini kami berharap ke depan para petani tidak kesulitan air dalam mengelola pesawahan.

Pasalnya, selama ini masyarakat setempat sangat mendambakan perbaikan jaringan irigasi tersebut. “Kami warga masyarakat merasa bersyukur dengan adanya pekerjaan irigasi ini, mudah mudahan dengan pembangunan perbaikan saluran irigasi bisa bermanfaat sesuai keinginan pemerintah untuk mensejahterakan para petani .

Kami semua sangat mendukung adanya pembangunan jaringan irigasi ini, karena jika irigasi sudah dibangun saluran air akan mengalir dengan lancar, sehingga kami dalam mengelola pesawahan tidak kesulitan air,’ ucapnya.

Karena kebutuhan air dalam usaha tani sangatlah penting, aliran-aliran air dari sumber air yang tidak bisa sampai ke lahan sawah dan tidak dapat dimanfaatkan oleh petani dapat dibantu alirannya melalui jaringan irigasi tersier. Jaringan irigasi tersier adalah komponen mutlak dalam jaringan sistem irigasi.

(Jp-Team)