PPK Tanah Pasir Gelar Bimtek Kepada PPS

Share artikel ini

DetikNews86.com-Aceh Utara| Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang penyusunan daftar pemilih pada Pemilihan Umum 2024, kepada Panitia Pemilihan Suara (PPS) yang tersebar di 18 Desa dalam kecamatan setempat, di Aula Kantor Camat Tanah Pasir,  Minggu (5/2/2023).

Dalam kegiatan bimtek tersebut, turut  hadir ketua dan anggota PPK Tanah Pasir serta sekretariat PPK, sedangkan pesertanya sebanyak 54 orang terdiri dari ketua dan anggota PPS yang tersebar di 18 Desa dalam kecamatan Tanah Pasir.

Ketua Pokja Data dan Informasi PPK Tanah Pasir, Hamdani menyampaikan hasil bimtek ini PPS akan menyampaikan kepada petugas Pantarlih yang telah direkrut di desa untuk melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih secara door to door di masyarakat pada semua TPS.

“Kegiatan Coklit ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi e Coklit. Oleh karena itu bagi pantarlih yang dipilih tentunya harus menggunakan HP Android dan memiliki email aktif untuk dapat mengoperasikan e-coklit,” kata Hamdani, Minggu (5/2/2023).

Disebutkan petugas Pantarlih yang akan melakukan coklit dengan cara mendatangi pemilih secara langsung dari rumah ke rumah, dalam melaksanakan tugas nanti pantarlih akan dilengkapi dengan atribut sebagai tanda pengenal yang berupa Rompi, Topi serta Kartu Identitas.

“Kita harapkan kepada PPS dan pantarlih saat melakukan penyusunan daftar pemilih dan pencocokan serta penelitian dari rumah ke rumah menemui pemilih sejak 12 Februari 2023 hingga 14 Maret 2023, ada instrumen yang digunakan Pantarlih untuk mencocokan data yang ada dalam daftar pemilih dengan dokumen kependudukan yang dimiliki pemilih, tujuannya agar tidak ada warga yang terlewati.” harapnya.

[KPA]