Sekda Kabupaten Buru Meresmikan 126 Unit Rumah KAT

Sekda Kabupaten Buru Meresmikan 126 Unit Rumah KAT

Share artikel ini

Namlea,Kab.Buru (Maluku) Detiknews86.Com – Pemerintah Kabupaten Buru meresmikan 126 unit rumah Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Tiga Dusun,Tampai,Waikibo,dan Dusun Ngade yang berada di Kecamatan Waelata.Jumat (10/03/22)

Mewakili Bupati Ramly Umasugi,kegiatan ini  diresmikan oleh Sekda Kabupaten Buru M.Elyas Hamid,SH.,MH bersama Asisten I Ir.Masri,  Asisten II Drs.Abas Pelu. Staf Ahli Pemda Kabupaten Buru Drs.Mansur Mamulaty. Ir.Tamsil Chatib. Serta beberapa Kepala OPD di lingkup Pemda Buru.

Hadir pada kegiatan peresmian Rumah KAT ini dari Kemensos yang juga sebagai Kordinator Pelaksana Pemberdayaan Sosial Budaya sekaligus Direktur Pemberdayaan KAT Pusat Dra.Sulistianingsi,M.Si dan Stafnya.

Sekda Elyas M Hamid dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah mengapresiasi kegiatan ini.

“Terima kasih khususnya kepada Dirjen KAT Republik Indonesia beserta para seluruh komponen yang telah berhasil melaksanakan kegiatan pembangunan Perumahan Rumah KAT ini,”Kata Sekda.

Dilanjutkan oleh Sekda bahwa,tujuan utama dari pada pelaksanaan kegiatan pembangunan Rumah KAT di daerah-daerah terpencil ini adalah untuk bagaimana mengentaskan kemiskinan dan memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat.

“Masyarakat yang telah menerima sumbangan atau pemberian ini dari Pemerintah Republik Indonesia khususnya Dirjen KAT,saya berharap pertama harus dapat mengamankan, menjaga serta melindungi apa yang telah diberikan ini sehingga dapat bermanfaat,”Imbuhnya.

Menurut Sekda apa yang telah disampaikan sangat bermanfaat bagi bagi masyarakat yang ada di sekitar atau pengguna dari pada pembangunan itu sendiri.

“Mari kita bersama-sama bisa bersinergi terutama kepada pimpinan-pimpinan ataupun elemen-elemen pemangku kepentingan yang ada wilayah Kecamatan,saya tegaskan kepada para Camat para Kepala Desa dan perangkat-perangkat yang lain untuk dapat berpartisipasi dan langsung terjun di wilayah lokasi rumah-rumah KAT yang sudah dibangun oleh Kementerian Sosial khususnya Dirjen Kat,”Jelasnya.

Sekda mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan jangan sampai suatu saat ada kunjungan dari Menteri Sosial.

“Yang sangat penting bagi kepentingan dan kehidupan masyarakat itu sendiri  bahwa,tolong dijaga kebersihan,”Tandasnya.

Terkait program di Tahun Anggaran 2022 Sekda menuturkan,Pemerintah Daerah dalam Tahun 2022 ini ada menganggarkan beberapa titik untuk air bersih disamping itu juga  pembangunan infrastruktur lain termasuk jalan.

“Kami akan bertahap mulai Tahun 2022 ada pembangunan jalan yang nanti Insya Allah tinggal tunggu proses pelelangan sehingga jalan yang mungkin  agak sulit dilewati mudah-mudahan secara bertahap pemerintah daerah akan melihat dan mengerjakannya,”Tandasnya

Kabupaten Buru terdapat sekitar  906 KK yang masih berharap bantuan khususnya Rumah KAT.

“Semoga pembangunan Rumah KAT ini dapat bertambah sehingga dapat memenuhi seluruh masyarakat kita,dan pembangunan Rumah KAT ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kami yang ada di Kabupaten Buru,”Tuturnya.

Selesai meresmikan Perumahan KAT,kemudian Sekda bersama rombongan menuju Desa Waeflang untuk menyaksikan pendatanganan kerja sama UPTD Balai Benih Ikan Air Tawar Dinas Perikanan Kabupaten Buru dengan SMP NEG 31 BURU yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah Basran S,Pd dan Kepala Balai Ikan Air Tawar Mako Sukarman SE. (Bung.Forbes)