Buka Bazar Produk Pegasing, Shabela: Manfaatkan Hasil Pangan Lokal

Buka Bazar Produk Pegasing, Shabela: Manfaatkan Hasil Pangan Lokal

Share artikel ini

DetikNews86.com~Takengon | Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar membuka pameran dan bazar produk daerah Kecamatan Pegasing dalam mendukung ketahanan pangan dan pencegahan stunting, Sabtu (24/12/2022), bertempat di halaman kantor camat setempat.

Mengawali sambutannya Bupati Shabela mengatakan potensi kuliner di dataran tinggi gayo sangatlah luar biasa, dengan keanekaragaman dan keunikan yang didukung oleh keberagaman sumber daya alam dan kekayaan budayanya.


“Keanekaragaman dan keunikan kuliner gayo dapat menjadi bekal utama dalam mendukung ketahanan pangan dan pencegahan stunting”, kata Shabela.

Bupati berharap, kegiatan ini dapat melahirkan inovasi dan menciptakan keragaman kuliner sebagai pendukung ketahanan pangan dan pencegahan stunting di Aceh Tengah, khususnya di kecamatan pegasing.

Terkait pemenuhan kebutuhan gizi, ia memandang ketahanan pangan sangatlah perlu diperhatikan karena ketahanan pangan menentukan suplai gizi bagi generasi; agar asupan nutrisi dan gizi bagi anak-anak bisa terpenuhi dengan baik.


“Untuk mencegah stunting perlu ditingkatkan asupan gizi kepada anak, ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan hasil pangan lokal di Kecamatan Pegasing ini, baik itu tanaman yang dihasilkan di lahan perkebunan maupun dengan memanfaatkan pekarangan rumah”, ujar Shabela.

[KPA]